SELAMAT DATANG DI BLOG INI!!!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat berkunjung di blog ini. Blog ini dibuat sebagai blog yang berisi artikel-artikel, opini-opini dan berita perihal Pecinta Sholawat Dan juga berisi foto-foto perihal tersbut di atas.

Jangan segan-segan untuk memberikan komentar, saran dan kritik yang membangun demi kebaikan blog ini dan tentunya kebaikan pemilik blog.Akhir kata semoga blog ini memberikan manfaat bagi kita semua.

Wassalam

Ahmad Mustofa

Rabu, 25 Maret 2009

Keprihatinanku Tentang Air Untuk Masyarakat Tuban Pegunungan




Beberapa saat yang lalu saat menyertai istriku "TURBA" ke desa-desa di kecamatan Montong dan Kerak, kudapatkan betapa sengsaranya masyarakat pedesaan di daerah pegunungan saat musim kemarau, mereka sulit sekali mendapatkan air. Karena tidak adanya sumur. Keperluan mereka akan air hanya disuplai menggunakan mobil-mobil tanki air dalam jumlah yang terbatas.
Padahal mestinya di daerah-daerah tersebut bisa diadakan sumur-sumur artesis (sumur dalam), tapi tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Kalau Pemda Tuban lebih sedikit kreatif, mestinya mereka bisa menjalin kerja sama dengan Pertamina atau Dirjen Migas untuk meminta data-data lokasi sumber air dalam yang tentunya meraka sudah mempunyainya, karena mereka pernah melakukan "Survey seismic 3D" untuk keperluan ekploitasi migas.
Terus dananya untuk membuat sumur-sumur artesis tersebut tentunya tidak murahkan?
Memang harga sebuah Sumur Dalam (Sumur Artesis) tentu tidak murah, namun saya yakin Pemda Tuban bisa mengalokasikan anggaran untuk itu, dengan cara melakukan pengelolaan anggaran yang effisien dengan cara mengadakan tender-tender yang transparan dan fair.
Dari tender-tender yang transparan dan fair tersebut tentunya tidak akan ada lagi biaya fee untuk orang-orang tertentu, sehingga harga suatu tender bisa dihemat sampai dengan 30% - 35% dari harga plafon.
Dari sini bisa didapatkan kelebihan anggaran yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengadaan sumur Dalam untuk masyarakat pegunungan.
Atau Pemda Tuban bisa meminta kepada perusahaan-perusahaan besar yanga da di Tuban seperti Petrochina, Pertamina, TPPI, Semen Gresik, dll membantu ke masyarakat Tuban lewat program CSR (Company Sosial Responsibility) - nya.
Sehingga dengan adanya pemenuhan kebutuhan air sehari-hari masyarakat pegunungan, bisa diharapkan tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat meningkat.
(CPU, 26 March 2009)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar